Warta Sinar Indonesia Group – Mediatama Bintang Lima Group


Pergerakan Perubahan Menuntut Perbaikan

oleh : Syaifud Adidharta

12996493482093495355

Di awal-awal tahun 2011 ini di berbagai belahan dunia banyak terjadi peristiwa yang banyak memenuhi berita di berbagai media Internasional dan nasional.  Baik di media cetak maupun media elektronika. Dan belum lama ini pula banyak terjadi berbagai gerakan rakyat di beberapa negara jiran yang ada di Timur Tengah dan Afrika. Rakyak di negara-negara jiran saat ini mulai sadar dan terbuka pola pikirnya,  mereka kini sudah sangat mengerti arti pentingnya sebuah perubahan di dalam kehidupan sosial, budaya, politik dan ekonomi yang demokratis dan terbuka.

Belum lama ini rakyat di Mesir, Libya dan beberapa negara jiran lainnya menghendaki adanya perubahan sistem pemerintahan yang bersih, jujur dan demokrasi dalam rangka untuk menciptakan perubahan yang lebih baik pada pertumbuhan dan perkembangan bidang sosial, budaya, politik, pendidikan, kesehatan dan perekonomian. Mereka rupanya sudah sangat lelah dengan sistem lama yang diterapkan oleh para pemimpin dan pemerintahan di negara masing-masing. Karena selama itu mereka sudah merasakan sebuah sistem yang tidak membawa perubahan lebih baik, justru banyak menyeret mereka kepada jurang kehancuran atas kebanyakan para pemimpinnya dominan kearah kediktaktoran dalam berkuasa.

129964819949821169

Di Mesir presiden Muhammad Hosni Said Mubarak (Mubarak) tepat pada tanggal 25 Januari 2011 mendapat perlawanan dan tekanan keras dari rakyatnya yang menuntuk kemunduran dirinya sebagai presiden Mesir, dan sekaligus adanya pemerintahan baru yang bersih dan demokrasi. Akhirnya Mubarak berhasil digulingkan dengan kekuatan pergerakan rakyatnya sendiri pada tanggal 12 Februari 2011 lalu.

12996477011271262870

” Demonstrasi massa yang memprotes kepemimpinan Mubarak di Tahrir Square sejak 25 Januari 2011 berhasil menumbangkannya pada 12 Februari 2011. Meskipun pada 1 Februari, Mubarak akan menggelar pemilu presiden10 Februari beredar rumor bahwa Mubarak akan mundur. Puncaknya, Wakil Presiden Omar Suleiman mengumumkan mundurnya Mubarak melalui televisi nasional Mesir dan menyerahkan kekuasaannya kepada militer. “

Sebelumnya dalam sejarah singkat Mubarak ditunjuk sebagai wakil presiden pada tahun 1975 setelah pangkatnya naik di jajaran Angkatan Udara Mesir. Kemudian, ia menjadi presiden untuk menggantikan Presiden Anwar Sadat yang terbunuh pada 6 Oktober 1981 oleh kelompok radikal. Ia merupakan Presiden Mesir keempat untuk masa jabatan lebih dari 15 tahun sejak menjabat pada tahun 1981. Sebagai Presiden Mesir, ia dianggap sebagai pemimpin yang paling berkuasa di wilayahnya. Ia mengundurkan diri pada 11 Februari 2011 menyusul demonstrasi besar-besaran selama 18 hari pada tahun 2011.

Sementara itu gejolak kekuatan rakyat terus berlanjut di dunia Arab setelah tumbangnya kekuasaan otoritarianisme Presiden Ben Ali di Tunisia dan Presiden Mubarak di Mesir dalam waktu relatif singkat.

Jelas terilhami keberhasilan revolusi rakyat di kedua negara itu, kini eskalasi kekuatan massa kian meningkat di sejumlah negara Arab, khususnya di Libya, Yaman, dan Bahrain. Ekspresi gejolak kekuatan rakyat juga muncul di Aljazair, Maroko, Jordania, dan Kuwait; tetapi belum terlihat jelas di Arab Saudi, Qatar, atau Uni Emirat Arab.

Menurut dari sejumlah kalangan, khususnya di dunia Muslim, beranggapan, gejolak kekuatan rakyat di dunia Arab sekarang ini merupakan rekayasa pihak asing, khususnya Amerika Serikat (AS). Argumen ini bisa diperdebatkan. Namun jelas, rezim-rezim otoriter yang kini menghadapi tantangan kekuatan rakyat adalah para sekutu AS. Karena itu, pada dasarnya AS berkepentingan memelihara status quo rezim-rezim tersebut. Namun, berlawanan dengan keinginan AS tersebut, kekuatan rakyat membuat AS berada dalam posisi sulit dan akhirnya terpaksa menerima perubahan rezim seperti terlihat dalam kasus Tunisia dan Mesir. (catatan : Azyumardi Azra Direktur Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; Anggota Dewan Penasihat International IDEA Stockholm– Kompas.com).

Di Libya pergerakan rakyat juga tidak kalah hebatnya dengan pergerakan rakyat di negara-negara tentangganya yang banyak menuntut perubahan. Dari pergerakan pemberontakan bersenjata sampai dengan pergerakan kekuatan dengan cara demontrasi besar-besaran menuntut mundurnya presiden Muammar al Qaddafi yang sudah berkuasa lebih dari 4o tahun.

129964849326117874

Catatan :

Muammar Abu Minyar al-Qaddafi lahir di Surt, Tripolitania, 7 Juni 1942, umur 68 tahun, atau Gaddafi (Khadafi)  adalah pemimpin Libya sejak 1969. Jabatan yang disandangnya bukan merupakan jabatan resmi, tetapi ia menyandang “Guide of the First of September Great Revolution of the Socialist People’s Libyan Arab Jamahiriya” atau “Brotherly Leader and Guide of the Revolution”.

Khadafi adalah anak termuda dari sebuah keluarga miskin Badawi (Bedouin) yang nomadik di daerah gurun pasir di Sirte. Dia diberikan pendidikan SD tradisional yang religius dan bersekolah di SMU Sebha di Fezzan dari 19561961. Khadafi dan sekelompok kecil teman-temannya yang dia temui di sekolah ini kemudian membentuk kepemimpinan utama dari sebuah kelompok revolusiner militan yang kelak merebut kekuasaan negara Libya. Inspirasi bagi Khadafi adalah Gamal Abdul Nasser, seorang negarawan yang populer di Mesir, yang naik ke takhta kepresidenan dengan meminta persatuan Arab dan menghujat Barat. Pada 1961, Khadafi dikeluarkan dari Sebha karena aktivitas politiknya.

Dia kemudian kuliah di Universitas Libya, di mana dia lulus dengan nilai yang sangat baik. Dia lalu bergabung dengan Akademi Militer di Benghazi pada 1963, di mana dia dan beberapa rekan militannya membentuk sebuah kelompok rahasia yang bertujuan menjatuhkan monarki Libya yang pro-Barat. Setelah lulus pada 1965, dia dikirim ke Britania untuk latihan lanjutan, dan kembali pada 1966 sebagai seorang opsir dalam Korps Sinyal.

Khadafi mempunyai delapan anak, tujuh di antaranya lelaki. Putranya yang paling tua, Muhammad KhadafiAl-Saadi Khadafi, adalah ketua Federasi Sepak Bola Libya, bermain di tim Seri A, Perugia, dan juga bermain film. Satu-satunya putrinya, Ayesha Khadafi, adalah seorang pengacara yang telah bergabung dengan tim pengacara Saddam Hussein, Khadafi juga mempunyai saham sebesar 7,5% di klub sepak bola Italia, Juventus.

Di Libya saat ini pergerakan rakyat masih terus berlanjut sampai akhirnya apa yang diingini rakyat Libya tercapai yakni mundurnya segera diktaktor Khadafi bersama kroni-kroninya. Namun sepertinya pergerakan rakyat Libya akan mendapatkan kesulitan yang begitu berat, pasalnya Gaddafi bersama militer yang masih loyal kepadanya akan terus menekan dan membumi hanguskan keinginan rakyatnya dengan melakukan kekerasan secara militer. Sulit memang menggulingkan Khadafi sang diktaktor.

Sungguh hebat dan luar biasa perubahan dunia saat ini yang terjadi. Perubahan tidak akan pernah berhenti sampai kapanpun. Dari mulai perubahan peradaban sampai dengan perubahan lainnya yang mungkin kita tidak bisa mengetahui nantinya. Tapi yang jelas setiap perubahan yang terjadi di belahan dunia ini adalah sejarah manusia yang terus berjalan dan berkembang sesuai dengan tuntutan zamannya.

Perubahan yang sesungguhnya adalah perubahan penuntutan perbaikan dari segala persoalan yang terjadi. Perubahan itu tidak bisa hadir dengan sendirinya, dan perubahan itu hadir atas dasar kesadaran pola pikir manusia untuk terus bisa berkembang. Perubahan yang saat ini tengah terjadi di berbagai belahan dunia atas banyaknya pergerakan rakyat adalah bagian mengikat dari pergerakan Reformasi total. Pergerakan yang dengan sendirinya akan menjadi sejarah manusia sepanjang masa.

Reformasi secara umum berarti perubahan terhadap suatu sistem yang telah ada pada suatu masa.

Di Indonesia, kata Reformasi umumnya merujuk kepada gerakan mahasiswa pada tahun 1998 yang menjatuhkan kekuasaan presiden Soeharto atau era setelah Orde Baru.

Kendati demikian, kata Reformasi sendiri pertama-tama muncul dari gerakan pembaruan di kalangan Gereja Kristen di Eropa Barat pada abad ke-16, yang dipimpin oleh Martin Luther, Ulrich Zwingli, Yohanes Calvin, dll.

Di Lansir Ulang Oleh : Syaifud Adidharta | Sumber Artikel : Kompas.com – Wkpedia – dbs

%d blogger menyukai ini: